Skip to main content

Advertising in Packaging…


Membaca berita melalui media online boleh dibilang sudah menjadi sebuah rutinitas sehari-hari yang tidak bisa ditinggalkan. Ada yang menarik saat membaca media online hari ini. Mungkin dari minggu lalu sudah ada, cuma tidak “ngeh” aja kalau hal itu ada. Terabaikan dengan hiruk pikuk berita politik di Indonesia. Jadi ceritanya hari ini saya melihat ada iklan perusahaan flexible packaging bernama Logos. Perusahaan tersebut menaruh iklan di Detik.com, Kompas.com dan Tempo.co  Awalnya saya kira ini adalah perusahaan packaging baru di Indonesia, tetapi setelah dibuka website nya ternyata perusahaan tersebut berada di Cina. Jauh ya….

Yang menjadi pertanyaan adalah, buat apa perusahaan tersebut buat iklan online di Indonesia sedangkan pabriknya sendiri tidak ada di Indonesia. Apakah perusahaan-perusahaan di Indonesia mau melakukan transaksi dengan supplier packaging nun jauh disana. Gimana nanti proses developmentnya, gimana kalau ada reject, gimana kalau ada masalah di mesin customer dan perlu trouble shooting segera. Kayaknya saya gak yakin deh…Karena proses development  order di industry packaging tidak seperti di ritel market. Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui dan itu cukup panjang. Mulai dari presentasi, penawaran harga, supplier audit, pembuatan sample, artwork, proof on the spot dan lain sebagainya. Gak kebayang repotnya kalau harus memilih supplier packaging dari luar negeri sana.

Bukan berarti proses advertising yang dilakukan oleh Logos ini sia-sia. Tidak juga. Setidak-tidaknya dari iklan tersebut bisa meningkatkan traffic web site tersebut, karena orang akan penasaran untuk melihat apa sih Logos itu dan ini bisa digunakan sebagai salah satu “tools” untuk meningkatkan brand awareness perusahaan.

Sebenarnya proses hard selling masih bisa diharapkan dari iklan online itu. Bisa dilakukan meskipun perusahaan itu berada di Cina, tetapi harus dilakukan perubahan strategy business dengan melakukan perombakan website menjadi wadah e-commerce seperti yang dilakukan Alibaba.com dan website-website e-commerce lainnya. Bukan hanya sekedar website untuk menjelaskan visi misi perusahaan. Website yang berisi produk-produk  yang konsep awal penjualannya  B to B kemudian diperluas juga  menjadi B to C. Memang secara volume tidak besar. Tetapi harus diingat bahwa ini adalah strategy untuk menunjang yang B to B tersebut dan meng-eliminasi proses yang panjang dalam development sebuah packaging seperti yang saya sebutkan sebelumnya diatas. Kalau kata orang Big is beautiful, maka bagi saya small is also beautiful.

Sisi lain yang bisa dilihat dari iklannya Logos, ini menunjukkan bawah bisnis packaging di Indonesia masih dianggap menarik bagi pihak luar. Meskipun sebenarnya persaingan bisnis flexible packaging di Indonesia sudah semakin ketat karena banyaknya pemain baru bermunculan, tetapi dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diatas rata-rata kawasan yang lain tidak mensurutkan langkah pemain dari luar untuk masuk ke Indonesia. Disaat kawasan lain lagi dirundung krisis ekonomi, tetapi di Indonesia malah mengalami pertumbuhan ekonomi. Makanya tidak mengherankan kalau ada yang berpendapat Indonesia sedang menuju peringkat 10 besar ekonomi dunia. Karena kalau kita lihat perkembangan dari beberapa perusahaan multinasional company di Indonesia, sebenarnya mereka sedang meningkatkan kapasitas pabrik-pabriknya dan menjadikan pabrik tersebut sebagai pusat produksi di kawasan asia pacific. Sesuatu hal yang bagus bukan….

Comments

Popular posts from this blog

Adhesive Anchor Coating untuk Laminasi Extrusi

Pada artikel sebelumnya, saya menulis tentang penggunaan adhesive water-based di dry-lamination system. Sekarang saya ingin menyampaikan tentang penggunaan water-based di extrusion-lamination system. Sebenarnya tidak terlalu pas juga dibilang water-based karena pengunaan air sebagai pelarut hanya sedikit, paling banyak pelarut yang digunakan adalah Ethanol/Methanol/IPA. Di dunia coverting flexible packaging, penggunaan adhesive pada laminasi extrusi biasa digunakan pada resin PE. Hal ini dilakukan untuk memperkuat kekuatan bonding(daya rekat) antara film. Makanya suka disebut juga sebagai adhesive anchor coating, berfungsi layaknya “jangkar” yang memperkuat rekatan film. Di Indonesia umumnya jenis adhesive yang digunakan adalah solvent based, yang water based masih sedikit. Beberapa perusahaan yang saya kunjungi sudah menggunakan water-based tetapi jenis yang digunakan adalah “polyethylene imine”, dan jenis ini tidak terlalu bagus menghadapi kelembapan. Produk yang coba saya taw...

Botol Aqua dengan QR Code

Beberapa waktu lalu ketika mampir ke salah satu toko hyper market, saya melihat botol air mineral merk Aqua kemasan 600ml dengan desain grafis yang lain dari biasanya. Setelah melihat lebih dekat, disitu tertulis  “40 tahun Aqua bersama untuk Indonesia. “Ooo..edisi khusus untuk perayaan 40 tahun Aqua ternyata..” kata saya dalam hati. Desain grafisnya dirancang oleh Renata Owen  (ada tertulis di desain label). Dari hasil rancangan Renata ini sepertinya ingin memunculkan kekayaan budaya Indonesia dengan menampilkan gambar wayang, orang membatik, dan motif-motif daerah lainnya. Yang membuat saya tertarik terhadap botol dengan desain baru ini adalah dengan dimunculkannya QR Code atau  Quick Response Code. Kode ini bekerja seperti barcode, hanya saja QR code lebih memiliki banyak fitur dan kapasitas penyimpanan kode yang lebih besar daripada barcode. Kode ini terdiri dari dot  berbentuk kotak dan berwarna hitam yang ditata dalam grid dengan dasar warna putih. ...

Durian… baunya yang menembus batas… (part 2)

Kembali lagi ke masalah durian.. Di dunia packaging ada istilah O2TR yang secara sederhana bisa dijelaskan bahwa O2TR itu adalah lamanya proses migrasi oksigen yang diukur dalam satuan cm3/m2, atm 24 jam. Untuk lebih detilnya mungkin akan dibahas ditulisan berikutnya. Nah berkaitan dengan durian tadi, salah satu faktor kenapa durian setelah dimasukkan kedalam wadah plastik tersebut masih bisa tembus keluar aromanya, dikarenakan material plastik tersebut memiliki nilai O2TR yang cukup tinggi dan pada umumnya wadah plastic tersebut struktur plastiknya adalah berbahan dasar keluarga PE. Oleh karena itu, untuk menahan aroma durian tersebut maka kita harus  mencari plastik yang memiliki "barrier properties" oxygen yang cukup baik. Material plastik tersebut salah satunya bisa PET atau Nylon. Dimana kita bisa menemukan material ini ? Kalau masih berbentuk single layer memang agak susah karena tidak dijual umum. Banyak digunakan  oleh perusahaan flexible packaging untuk membuat kemas...