Skip to main content

Go Global Think Local..


Saya cukup tertarik dengan tulisan yang ditulis oleh bagian Business Development di DBD mengenai prospek pasar packaging yang cukup menggiurkan di luar amerika. Judul artikelnya adalah : "Packaging companies; think local when you go global". Meskipun hanya mengupas “kulit”nya saja dan tidak terlalu banyak mengenai konsep “think local” tersebut (karena untuk lebih detail anda harus “get in touch” dengan mereka dan itu ada fee nya (namanya juga consultant..) tapi sedikit banyak memberikan saya inspirasi untuk membuat tulisan melalui blog ini. Bagi yang ingin meengetahui artikelnya bisa klik http://www.bdb.co.uk/2012/10/packaging-companies-think-local-when-you-go-global/

Terus terang saya sangat setuju sekali dengan konsep “think local when you go global” ini. Karena bagaimanapun juga karakter market masing-masing region atau negara itu berbeda. Meskipun perusahaan itu merupakan “world player”,tetapi pada saat masuk dan bersaing di suatu negara maka kondisi yang dihadapi akan berbeda dibanding dengan negara asalnya dan strateginya juga mau tidak mau harus berbeda pula.

Kenapa saya mengatakan demikian, karena saya pernah bekerja dengan multinational packaging company yang memaksakan  konsep globalnya dan sepertinya melupakan konsep localnya sehingga yang terjadi adalah kalah bersaing dengan pemain-pemain local di Indonesia. Kalah bersaing bukan berarti mereka tidak tumbuh, mereka tetap tumbuh, tapi pertumbuhannya kalah dengan perusahaan-perusahaan local yang ada di Indonesia.

Salah satu contoh kasus yang menarik bisa dilihat pada industri sticker. Salah satu pemain besar dunia, CCL (katanya sih no 1..), memutuskan untuk masuk ke pasar Indonesia bekerjasama dengan pemain besar no 1 di Indonesia yaitu Master Label. Secara finansial dan teknologi saya yakin perusahaan sekelas CCL tidak akan mengalami masalah untuk melakukan investasi pembukaan pabrik baru di Indonesia. Di Thailand saja mereka punya puluhan mesin dengan high end technology. Mengirim 4 mesin printing flexo ke Indonesia bagi mereka hanyalah sebuah “kedipan mata”..

Tetapi kenapa mereka tidak mau melakukan hal itu? Sebab sebenarnya bisa jadi mereka terkendala dengan konsep “think local” tersebut. Akan membutuhkan waktu, biaya yang besar dan resiko yang tinggi untuk bisa menguasai “think local” tadi. Daripada membuang-buang uang untuk sesuatu yang belum pasti dikuasai, kenapa tidak menggunakannya untuk bekerjasama dengan yang sudah menguasai?...

Makanya saya tidak heran apabila nanti banyak perusahaan local packaging yang diincar oleh perusahaan MNC dari luar sana hanya untuk mendapatkan konsep “think local” itu. Apalagi melihat market di Indonesia yang cukup besar dan trendnya diprediksikan akan naik terus. Beberapa orang teman saya sudah ada yang menanyakan tentang perusahaan local packaging yang bisa dan layak diambil alih untuk dikembangkan bisnisnya. Tinggal sekarang terserah kepada para pemilik pabrik di Indonesia, mau berkembang dan ikut go global atau tetap bermain lokal dengan segala keterbatasan yang ada. The choice is yours...



Comments

Popular posts from this blog

Adhesive Anchor Coating untuk Laminasi Extrusi

Pada artikel sebelumnya, saya menulis tentang penggunaan adhesive water-based di dry-lamination system. Sekarang saya ingin menyampaikan tentang penggunaan water-based di extrusion-lamination system. Sebenarnya tidak terlalu pas juga dibilang water-based karena pengunaan air sebagai pelarut hanya sedikit, paling banyak pelarut yang digunakan adalah Ethanol/Methanol/IPA. Di dunia coverting flexible packaging, penggunaan adhesive pada laminasi extrusi biasa digunakan pada resin PE. Hal ini dilakukan untuk memperkuat kekuatan bonding(daya rekat) antara film. Makanya suka disebut juga sebagai adhesive anchor coating, berfungsi layaknya “jangkar” yang memperkuat rekatan film. Di Indonesia umumnya jenis adhesive yang digunakan adalah solvent based, yang water based masih sedikit. Beberapa perusahaan yang saya kunjungi sudah menggunakan water-based tetapi jenis yang digunakan adalah “polyethylene imine”, dan jenis ini tidak terlalu bagus menghadapi kelembapan. Produk yang coba saya taw...

Botol Aqua dengan QR Code

Beberapa waktu lalu ketika mampir ke salah satu toko hyper market, saya melihat botol air mineral merk Aqua kemasan 600ml dengan desain grafis yang lain dari biasanya. Setelah melihat lebih dekat, disitu tertulis  “40 tahun Aqua bersama untuk Indonesia. “Ooo..edisi khusus untuk perayaan 40 tahun Aqua ternyata..” kata saya dalam hati. Desain grafisnya dirancang oleh Renata Owen  (ada tertulis di desain label). Dari hasil rancangan Renata ini sepertinya ingin memunculkan kekayaan budaya Indonesia dengan menampilkan gambar wayang, orang membatik, dan motif-motif daerah lainnya. Yang membuat saya tertarik terhadap botol dengan desain baru ini adalah dengan dimunculkannya QR Code atau  Quick Response Code. Kode ini bekerja seperti barcode, hanya saja QR code lebih memiliki banyak fitur dan kapasitas penyimpanan kode yang lebih besar daripada barcode. Kode ini terdiri dari dot  berbentuk kotak dan berwarna hitam yang ditata dalam grid dengan dasar warna putih. ...

Durian… baunya yang menembus batas… (part 2)

Kembali lagi ke masalah durian.. Di dunia packaging ada istilah O2TR yang secara sederhana bisa dijelaskan bahwa O2TR itu adalah lamanya proses migrasi oksigen yang diukur dalam satuan cm3/m2, atm 24 jam. Untuk lebih detilnya mungkin akan dibahas ditulisan berikutnya. Nah berkaitan dengan durian tadi, salah satu faktor kenapa durian setelah dimasukkan kedalam wadah plastik tersebut masih bisa tembus keluar aromanya, dikarenakan material plastik tersebut memiliki nilai O2TR yang cukup tinggi dan pada umumnya wadah plastic tersebut struktur plastiknya adalah berbahan dasar keluarga PE. Oleh karena itu, untuk menahan aroma durian tersebut maka kita harus  mencari plastik yang memiliki "barrier properties" oxygen yang cukup baik. Material plastik tersebut salah satunya bisa PET atau Nylon. Dimana kita bisa menemukan material ini ? Kalau masih berbentuk single layer memang agak susah karena tidak dijual umum. Banyak digunakan  oleh perusahaan flexible packaging untuk membuat kemas...